Penyakit Kelamin Mematikan

Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman yang ditularkan melalui hubungan seks oral maupun melalui hubungan kelamin. Jenisnya bermacam-macam, dari gonorhea, sifilis, herpes, HIV/AIDS, dll.

Sebagian penyakit kelamin sudah dapat disembuhkan, namun untuk penyakit-penyakit tertentu seperti HIV/AIDS sampai kini belum ditemukan obatnya.

Penularan penyakit kelamin dapat dihindari dengan jalan menghindari hubungan kelamin secara sembarangan (seks bebas), dengan setia kepada satu orang pasangan saja, atau dengan menggunakan alat-alat pencegahan seperti kondom.

Penyakit kelamin tertentu dapat disembuhkan dengan pengobatan yang teratur, misalnya dengan antibiotika. Namun demikian, mutasi kuman dapat menghasilkan kuman-kuman yang kebal terhadap pengobatan yang diberikan, sehingga kemudian malah muncul varian yang lebih ganas seperti misalnya Vietnam rose yang muncul di masa Perang Vietnam.

HIV/AIDS dapat pula ditulari melalui penggunaan jarum suntik yang telah tercemar oleh kuman HIV/AIDS, misalnya seperti yang sering dilakukan oleh para pemakai obat bius. Sampai sekarang HIV/AIDS belum dapat disembuhkan. Obat-obatan yang diberikan kepada penderita HIV sampai sekarang baru mampu memperpanjang hidup si pasien.

Jenis Penyakit Kelamin Antara Lain


GONORRHEA & CHLAMYDIA

  • Disebabkan oleh bakteri. Infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit ini
  • Pada pria, penyakit ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria. Buang air kecil dapat terasa sakit. Gejala-gejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali.
  • Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan
  • Penyakit ini dapat disembuhkan dengan antibiotik bila ditangani secara dini


Gonorhea adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra, leher rahim, rektum, tenggorokan, dan bagian putih mata (konjungtiva). Gonore bisa menyebar melalui aliran darah ke bagian tubuh lainnya, terutama kulit dan persendian. Pada wanita, gonore bisa menjalar ke saluran kelamin dan menginfeksi selaput di dalam pinggul sehingga timbul nyeri pinggul dan gangguan reproduksi.

Gejala
Pada pria, gejala awal gonore biasanya timbul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi. Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika berkemih serta keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan, dan diketahui menderita penyakit tersebut hanya setelah pasangan hubungan seksualnya tertular. Jika timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk berkemih, nyeri ketika berkemih, keluarnya cairan dari vagina, dan demam. Infeksi dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, dan rektum serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.
Wanita dan pria homoseksual yang melakukan hubungan seks melalui anus (anal sex) dapat menderita gonore pada rektumnya. Penderita akan merasakan tidak nyaman di sekitar anusnya dan dari rektumnya keluar cairan. Daerah di sekitar anus tampak merah dan kasar, serta tinjanya terbungkus oleh lendir dan nanah.
Hubungan seksual melalui mulut (oral sex) dengan seorang penderita gonore biasanya akan menyebabkan gonore pada tenggorokan (faringitis gonokokal). Umumnya infeksi tersebut tidak menimbulkan gejala, namun terkadang menyebabkan nyeri tenggorokan dan gangguan untuk menelan.

Jika cairan yang terinfeksi mengenai mata, maka bisa menyebabkan terjadinya infeksi mata luar (konjungtivitis gonore). Bayi yang baru lahir juga bisa terinfeksi gonore dari ibunya selama proses persalinan sehingga terjadi pembengkakan pada kedua kelopak matanya dan dari matanya keluar nanah. Jika infeksi itu tidak diobati, maka akan menimbulkan kebutaan.

Diagnosis dan pengobatan
Diagnosis penyakit gonore didasarkan pada hasil pemeriksaan mikroskopik terhadap nanah, dimana ditemukan bakteri penyebab gonore. Jika pada pemeriksaan mikroskopik tidak ditemukan bakteri, maka dilakukan pembiakan di laboratorium.
Gonore biasanya diobati dengan suntikan tunggal seftriakson intramuskuler (melalui otot) atau dengan pemberian antibiotik per-oral (melalui mulut) selama satu minggu (biasanya diberikan doksisiklin). Jika gonore telah menyebar melalui aliran darah, biasanya penderita dirawat di rumah sakit dan mendapatkan antibiotik intravena (melalui pembuluh darah atau infus).

HERPES

  • Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan
  • Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini
  • Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair.
  • Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering
  • Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes akrena lecet terjadi di dalam vagina

Penyebab herpes
* Gejala timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini
* Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair. Dalam 5 sampai 10 hari gejala hilang
* Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi pada bila-bila masa
* Wanita kerap kali tidak sedar bahawa ia dijangkiti herpes karena lecet terjadi di dalam v4g1na

INFEKSI JAMUR

  • Disebabkan oleh jamur
  • Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat
  • Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal
  • Dapat disembuhkan dengan krim anti jamur

SYPHILIS

  • Disebabkan oleh bakteria. Lesi muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit ini
  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagiantubuh lain
  • Syphilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan penicillin
  • Pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina


Sifilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum.
Penularan biasanya melalui kontak seksual; tetapi, ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus).
Gejala dan tanda dari sifilis banyak dan berlainan; sebelum perkembangan tes serologikal, diagnosis sulit dilakukan dan penyakit ini sering disebut “Peniru Besar” karena sering dikira penyakit lainnya.
Di Amerika Serikat, dilaporkan sekitar 36.000 kasus sifilis tiap tahunnya, dan angka sebenarnya diperkiran lebih tinggi. Sekitar tiga per lima kasus terjadi kepada lelaki.
Bila tidak terawat, sifilis dapat menyebabkan efek serius seperti kerusakan sistem saraf, jantung, atau otak. Sifilis yang tak terawat dapat berakibat fatal. Orang yang memiliki kemungkinan terkena sifilis atau menemukan pasangan seks-nya mungkin terkena sifilis dianjurkan untuk segera menemui dokter secepat mungkin.
Sifilis dapat dirawat dengan penisilin atau antibiotik lainnya. Menurut statistik, perawatan dengan pil kurang efektif dibanding perawatan lainnya, karena pasien biasanya tidak menyelesaikan pengobatannya. Cara terlama dan masih efektif adalah dengan penyuntikan procaine penisilin di setiap pantat (procaine diikutkan untuk mengurangi rasa sakit); dosis harus diberikan setengah di setiap pantat karena bila dijadikan satu dosis akan menyebabkan rasa sakit. Cara lain adalah memberikan kapsul azithromycin lewat mulut (memiliki durasi yang lama) dan harus diamati. Cara ini mungkin gagal karena ada beberapa jenis sifilis kebal terhadap azithromycin dan sekitar 10% kasus terjadi pada tahun 2004. Perawatan lain kurang efektif karena pasien diharuskan memakan pil beberapa kali per hari.
Perawat kesehatan profesional mengusulkan seks aman dilakukan dengan menggunakan kondom bila melakukan aktivitas seks, tapi tidak dapat menjamin sebagai penjaga yang pasti. Usul terbaik adalah pencegahan aktivitas seksual dengan orang yang memiliki penyakit kelamin menular dan dengan orang berstatus penyakit negatif.

VAGINISTIS

  • Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidak nyamanan
  • Disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur
  • Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri tidak berbahaya yang memang menetap pada vagina
  • Dapat diselidiki dengan meneliti cairan vagina tersebut dengan mikroskop
  • Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

  • Disebabkan oleh virus (Virus Human Papilloma atau HPV)
  • Muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit tersebut
  • Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka
  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim

KUTU KELAMIN

  • Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecoklatan, menetap pada rambut kemaluan.
  • Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin

KUTU DI BAWAH KULIT

  • Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit
  • Menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh
  • Diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh
  • Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut

Kutil Anogenital / Human Papillomavirus (HPV)

Kutil-kutil ini ditemukan di daerah kemaluan dan/atau di sekitar dubur. Terjadi di seluruh dunia. Seperti infeksi menular seksual lainnya, infeksi ini bisa dihubungkan dengan meningkatnya risiko infeksi HIV (misalnya, sebuah penelitian dilakukan di Thailand telah menunjukkan peningkatan dalam penularan HIV dari perempuan ke laki-laki sebanyak 16 kali bila ada kutil di daerah kemaluan/dubur ini). Penyakit ini disebabkan oleh virus papilloma pada manusia.

HIV/AIDS

(ACQUIRED IMMUNE DEFICIENCY SYNDROME)/HIV DISEASE

  • Penyakit akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh
  • Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah
  • Dapat menyebabkan kematian setelah sepukuh tahun setelah terinfeksi virus HIV, tetapi pengobatan telah ditemukan
  • Disebarkan melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.


AIDS adalah akronim dalam bahasa Inggris dari Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan kumpulan berbagai gejala dan infeksi sebagai akibat dari hilangnya sistem kekebalan tubuh karena infeksi dari Human Immunodeficiency Virus (HIV). Walaupun sudah ada penanganan untuk AIDS dan HIV, obatnya belum diketahui. Berbagai faktor yang mempengaruhi adalah kesehatan, fungsi kekebalan, layanan kesehatan, dan infeksi lain.
AIDS diperkirakan muncul di Afrika Sub-Sahara pada abad ke-20 dan sekarang menjadi wabah global. WHO memperkirakan 2,8 – 3,5 juta jiwa melayang karena AIDS pada tahun 2004 [1].
Di negara-negara yang memiliki akses ke penanganan obat antiretroviral, tingkat kematian dan kejadian menurun. Namun, obat tersebut juga memiliki efek samping seperti lipodystrophy, dyslipidaemia, dan penolakan insulin.
Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Penularan
Sejak awal wabah, tiga jalur penularan HIV sudah diketahui:
* Jalur seksual, yang menjadi penyebab utama infeksi HIV.
* Jalur darah atau produk darah, yang terutama mengancam pemakai narkoba, orang dengan hemophilia, dan penerima transfusi darah.
* Jalur ibu-anak, dengan penularan pada minggu-minggu terakhir kehamilan dan saat kelahiran. Awalnya, tingkat penularan jalur ini adalah 20%. Setelah ada penanganan, menurun hingga tinggal 1%

HIV juga ditemukan di air liur, air mata, air keringat, air tajin, dan sperma orang yang terinfeksi dengan konsentrasi virus yang sangat kecil.

Walaupun pada masa sekarang, terdapat banyak rawatan yang boleh digunakan untuk merawat penyakit kelamin, kebanyakan penyakit kelamin tidak dapat sembuh secara 100%. Gejala penyakit kelamin akan kembali berulang dan pengidap penyakit kelamin perlu mendapatkan rawatan seberapa segera dan seberapa kerap yang perlu. Sekiranya pengidap penyakit kelamin ini tidak mendapatkan rawatan atau lewat mendapatkan rawatan kerana perasaan malu atau jahil, ia akan membawa akibat yang sangat buruk.

Sesetengah penyakit kelamin seperti AIDs tidak boleh diubati langsung dan hanya boleh diperlahankan tetapi dengan kos yang teramat mahal. Walaupun menerima rawatan, pesakit AIDs terpaksa bergantung hidup dengan memakan pelbagai jenis ubat-ubatan saban hari, dan biasanya masih akan berakhir dengan kematian disebabkan virus dalam tubuh mulai menjadi kebal dengan ubat yang dimakan bertahun-tahun lamanya itu.

Penyakit kelamin lebih sering tersebar dikalangan remaja. Ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti :-

  1. Kurang pengetahuan mengenai penyakit kelamin. Tidak tahu cara ia menyebar.
  2. Salah faham terhadap penyakit kelamin. Contoh :- penyakit kelamin tidak menular dikalangan orang muda. (Ini adalah salah. Kebanyakan penyakit kelamin merebak dikalangan remaja dan awal dewasa.)
  3. Tekanan pasangan untuk tidak menggunakan kondom.
  4. Kesulitan mendapatkan bekal kondom. Ketiadaan kondom tidak mampu menghalangi terjadinya hubungan seks, malah menambah risiko penyebaran penyakit kelamin dan resiko kehamilan.
  5. Fikiran cetek – “Ia tidak mungkin terjadi pada saya. / Saya hanya melakukannya dengan pasangan yang rapat
  6. Tidak tahu kesan buruk jangka panjang. “Saya kenal orang yang mengidap penyakit kelamin tetapi masih dapat hidup seperti biasa….

Kebanyakan penyakit kelamin dapat dihindari dengan beberapa cara termasuk :

  1. Menolak dari melakukan hubungan intim (bagi yang belum menikah)
  2. Menjalankan hubungan yang sehat antara pasangan yang telah menikah.
  3. Menjauhi daripada melakukan hubungan rambang.
  4. Mengamalkan cara yang selamat ketika melakukan hubungan kelamin seperti menggunakan kondom dengan betul.

68 responses to “Penyakit Kelamin Mematikan

  1. JUST INFO BRO…..

    Suka

  2. leo

    mau nanya nih om..

    klw herpes yg ada di dada ,tu herpes apa ya?
    trus menular ga c kalo qt melakukan hbngan sexual?????????????????????
    makacih y!!!!!!!!!!!

    Suka

  3. iting

    bagus sekali ada artikel sepertii ini akan membantu sekali pada dunia remaja karena para remaja yang biasa melakukan sexs bebas bisa mengetahui bahaya sexs bebas

    Suka

  4. yayu

    artikel ini sangat membatu sekali untuk tugas team saya. dan semoga dapat membantu juga untuk semua kalangan yang belum pernah mengetahui secara detail penyakit kelamin ini. GBU

    Suka

  5. qwerty

    saya punya 4 titik merah muda di penis saya…
    saya tidak tahu apakah itu bisul atau kutil, tapi saya belum pernah melakukan hal “begituan”
    gimana yah?

    Suka

  6. farly

    helo
    truz dlu q klo capek kputihan kntel bgt, truz klo ud ML ap sama?

    Suka

  7. Imam Ghozali

    bagus banget ada artikel yang bahas mengenai ttg penyakit kelamin yang sekarang sedang porak porandakan pada remaja spt sekarang ini..

    Suka

  8. thank for the info

    Suka

  9. eros

    wah makasi infonya dueh…

    Suka

  10. fikri

    thanks berat atas infonya…
    gw jadi tau tentang penyakit kelamin
    n cara penularannya….

    Suka

  11. Rizky

    Npa Sichh or Slalu BrhuBngan Sexsual..?KbUthan BIologis, hEndKnya Qt MenhIdnaRi Sex Bebas. Spya Qt Trhndar Dri PenyaKit AIDS/kLMIN…

    Suka

  12. obat cair apa jenis dan merknya yang harus saya gunakan untuk dapat menghilangkan kutu pada alat kelamin saya,?

    Suka

  13. sejauh ini saya belum menemukan obat untuk menghilangkan kkutu pada alat kelamin saya,apa sih obatnya? obat cair jenis dan merk apa si yang harus saya gunakan untuk memberantas kutu kelamin.trims

    Suka

    • Rian

      di cukur aj sampai habis rambutnyaaa ,, dulu temn saya jg ada yg seprti itu
      klo perlu atas bawah jg dn jaga kebersihan

      Suka

  14. rio

    kok saya ada bintik satu ya dok, gmana cara ngobatinnya soalnya saya takut kalau dah besar.kalau dah pnya istri nanti menular gak ya?

    Suka

  15. gondrong

    smg smuanya menjadi hikmah,tentang keberadaan kita yang sementara…

    Suka

  16. izy

    penyakit apa saja yg akan timbul, jika kita sering melakukan oral sex,,,,? mohon jawabannya,,,trim’s

    Suka

  17. mega

    situs ini bagus banget, gw jadi tau penyakit kelamin dan cara penularany. tksh

    Suka

  18. Ping-balik: Penyakit Kelamin Mematikan « Andhito’s Blog

  19. yana

    ngerijugayaligatnya…….
    makasiya.. jadi qta tau poenyakit 2 kelamin……
    thx………

    Suka

  20. candy dj

    makasi banget buat artikelnya,dengan ini semua q bisa tau wawasan lebih banyak tentang penyakit kelamin n q bisa menyelesaikan semua tugas sekolah q…kalok bisa kapan-kapan artikelnya di tambah yaw…

    Suka

  21. qiela

    bgus nyer artikel ni….
    amat berguna buat sye dan bakal suami…..
    skit ni mmg trok la…
    to knp msih rmai yg nk wat seks rambang?…

    Suka

  22. bman09

    seep bozz…
    ni pasti berguna buat aq
    ma tmen q.

    Suka

  23. kie

    itu semua bukan penyakit,,tapi AZAB

    Suka

  24. Agus..agus

    pengetahuan ini sangat penting untuk mengInsafkan para pelaku free sex, pake gambar lagi hehehehehe
    pokoke ngeri deh, n tak jamin 95% mereka takut……Thankyu

    Suka

  25. Pertanyaan bagi semua khususnya admin atau dokter tang mengetahui.
    HERPES. Bagai mana cara dan dengan apa pengobatan yang ampuh baik dan eficien untuk penyakit herpes ?
    mohon bagi yang mengetahui informasinya untuk di kirimkan ke email saya indoper@gmail.com
    terimakasih

    Suka

  26. ikh tkudh… ngedh yeah qta tuch jgan t’goda leh knikmatan s’saat cuz dmpak’y tuk s’umur hdup…

    Suka

  27. serem

    Suka

  28. ABe

    Dok,saya mau tanya
    bintik2 putih di bawah lubang penis mirip komedo itu termasuk penyakit ngga??
    mohon jawabannya
    terima kasih

    Suka

    • Edo Cyber

      Maaf saya bukan dokter, periksa keluhan anda pada dokter anda

      Suka

  29. suka

    bagaimana caranya mengobati kutil di kulit dekat dubur?? apakah itu berbahaya?? tks atas bantuannya

    Suka

    • Edo Cyber

      silahkan anda konsultasikan dengan dokter anda, terima kasih

      Suka

  30. menurut aku sich gmn info yang lebih bagus untuk hal tersebut

    Suka

    • Edo Cyber

      coba anda cari di internet untuk informasi yang lebih baik dan lebih lengkap

      Suka

  31. penyakit semacam ini,seharusnya ada obatnya gitu…..
    terus apa guna seorang dokter jika tidak bisa mengobati seorang pasien.seharusnya para ilmuan bisa menemukan obat untuk menyembuhkannya gituuuu……

    Suka

  32. saya baru menderita penyakit 2 hari lah, tapi saya tidak tau percis ini tergolong ke penyakit yang mana,

    ciri-ciri
    nanah keluar dari kemaluan sakit pada ujung penis dan kencing terasa nyeri, apakah ini semacam penyakit gonohea?

    thank

    Suka

    • Edo Cyber

      sebaiknya anda periksa penyakit anda pada dokter yang ahlinya

      Suka

  33. kalo misalkan di daerah kelamin wanita menjadi keriang dan gatal itu jenis penyakit apa? dan bisa di sembukan apa tidak??? trus pake apa????

    Suka

    • Edo Cyber

      mengenai pertanyaan anda mohon di periksakan saja ke dokter yang ahlinya, terima kasih

      Suka

  34. om klo pnya pnyakit spyhilis to hrus ky gmn cra ngobtinnya soalnya krang jlas pnrahannya

    Suka

  35. Thanks bgt atas infonya.kita jg makin tambah pengetahuannya,tp kasihan jg ada org2 yg tertular penyakit kelamin pdhl mereka org baik2 yg notabene bkn penganut freesex.kita yg hrs waspada trhdp cara penularan dan gejala2nya

    Suka

  36. rina

    aku gak tau aku terkena atau tidak
    tapi aku selalu merasa gatal di vagina ku
    dan aku merasa sariawan dimulutku
    apa iya aku tertular???

    Suka

  37. mitha

    artikel ini sangat bagus bnget…ini jadi pembelajaran buat semua orang bahwa dengan melakukan hub seksual yang bebas akan menyebabkan penyakit seksual yang serem…

    Suka

  38. makanya buat kita semua berhati hatilah dlm berhubungan usahakan dgn 1pasangan aja

    Suka

  39. ACHA

    LAPORAN YANG SAYA INGIN KAN TIDAK ADA DI SITUS INI

    Suka

  40. penyakitnya gak ada yang lebih baik definisinya…………

    Suka

  41. terimakasih atas ilmunya…

    Suka

  42. info yang bagus

    Suka

  43. sandra purnama

    ada bisul d bibir vagina saya,kata dokter ineksi kelenjar,sempeangsang,saya pake lgt d suntik kanan kiri,udah maw ngemes,karna ter

    Suka

  44. jan… ngeri banget cuk…. makane ojo podo neko2,

    Suka

  45. kalo bisul di daerah yamg di sunat apa yya?>

    Suka

  46. anggiw

    uah bagus

    Suka

  47. rahmat

    saya mau tanya tentang pembengkakan di bagian telut kelamin pria, ini tergolong penyakit apa dan bagimana cara penangananya? mohon bantuanya.

    Suka

  48. Ada Bisul kecil di penisku. Obatx apa ya, dok?

    Suka

  49. yudy

    bener-bener ngebantu gw artikel ini, secara anak muda jaman sekara dengan perilaku seks yg bebas dengan mudah akan tearkena peanyakit menular

    Suka

  50. Rere

    saya baru saja berhubungan intim dengan pacar saya. setelah 2 hari setelah berhubungan itu, pada penis saya keluar nanah putih sedikit demi sedikit secara berkala dalam selang waktu hanya beberapa menit. Yang jadi pertanyaan saya, apakah saya mengalami Gonore..??
    jika “iya” maka pengobatan apa yang harus saya lakukan dan apakah penyakit itu dapat sembuh..??
    thx, ditunggu balasannya..

    Suka

  51. Mengatakan

    muanteb infonya

    Suka

  52. “TIPS UNIK UNTUK MENGATASI PENYAKIT HERPES ”

    Saya pernah mengalami penyakit herpes, tetapi penyakit itu datangnya bukan di kemaluan, tepatnya di leher, pada saat itu saya bingung apa obatnya untuk menyembuhkan penyakit ini, dan akhirnya Mbah saya memberi saran yg unik, saya pun percaya gak percaya tapi saran unik dari mbah saya ini manjur banget.

    Tipsnya :

    – cari BABAL ( Nangka yg msh muda +/- 2 buah)
    – cari pasangan suami istri yg nikahnya
    janda bertemu dengan bujangan
    – janda tersebut suruh mengunyah BABAL, lalu
    di semburkan langsung pada bagian yg
    terkena herpes, dengan catatan setelah di
    kunyah tidak boleh di pegang tangan
    siapapun. BABALNYA hrs langsung di sembur.
    setelah di sembur baru boleh di pegang
    tangan.

    cara ini cukup di lakukan 1 kali saja,

    he ,,,, cukup unik kan obatnya ,,, !!!
    mudah mudahan bermanfaat ya ,,,

    THX,

    semoga lekas sembuh

    Suka

  53. di penisku terdapat semacam kutil, dan di sekitarnya kulit terlihat tebal dan luka serta berair. penyakit kelamin apakah yang saya derita? dan bagaimana cara menangganinya?

    thanks….

    Suka

  54. andy

    klu gatal d daerah kemaluan wanita, saat vagina lembab, apa nama penyakit dan obat yang d pakai untuk kesembuhan

    Suka

  55. mustafa

    jau kan dari hiv

    Suka

  56. Jauhi seks bebas, mudah-mudahan jauh dari penyakit kelamin

    Suka

  57. tita

    salam,
    apakah chlamydia hanya ditularkan melalui hubungan intim dan oral dg orang yg sudah terinfeksi bakteri tsb? tidak ada penularan atau penyebab lainkah selain itu?
    tolong penjelasannya ya…
    terima kasih :)

    Suka

  58. ahmad

    d alt kelaminQ ada penyakit sperti herpes gi tu,tpi saya lo blum mnikah,kira2 aq terkena penyakit apa ya???

    Suka

  59. FMR

    MAaf gan,,
    ane numpang tanya,
    ane baru menikah 1bulan yang lalu,,
    setelah beberapa hari berhubungan ranjang dengan istri ane,,
    ane mendapatkan gejala penyakit GONORRHEA & CHLAMYDIA pada diri ane,,

    yang pngan ane tanyain,,
    bagai mana cara ane ngobatin ni penyakit (trus terang ini buat ane ga nyaman di kesehariannya, apalagi swaktu ane buang air kcil) .?? dan,,
    bagai mana cara supaya istri ane ga bisa nularin ni penyakit…

    // di tunggu solusinya gan…
    // karna solusi dari agan agan sangat lah membantu …..

    Trimakasih….

    Suka

  60. selamat malam sy juga mau ikutan ne disini

    Suka

  61. pak saya juga mau bertanya soal penyakit yg di rasakan oleh adik s aya, kebetulan dikelamin adk saya (pria) ada bintik2 kecil yang di awali dengan luka kemudian gatal dan sekarang kelaminnya bisulan, mhon pak di berikan solusinya,

    Suka

  62. aan tang ting tung

    mav admin apa tread ini masi di buka?
    saya maw tanya, apa sih kemungkinan terburuk jika gonore tidak segera di tangani ?
    terimakasih sebelumnya :)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s