40 Langkah Cepat Untuk Kebahagiaan dan Keberhasilan Karir

 Tidak ada rumus ajaib untuk mencapai kebahagiaan dan keberhasilan dalam karir secara instan. Kebahagiaan dan keberhasilan di dunia kerja lebih dari sekedar tujuan strategis dimana seseorang harus bekerja secara bertahap. Hal ini layaknya membangun rumah impian anda. Anda secara arsitektur memetakan rencana, meneliti semua pilihan anda, membuat landasan yang solid, dan mulai membangun dari bawah ke atas. Namun demikian, banyak langkah yang dapat anda ambil untuk membuat usaha anda sedikit lebih proaktif. Berikut adalah 40 langkah cepat yang akan membantu mendorong anda ke arah yang benar.

1. Memahami bahwa kebahagiaan karir adalah melakukan apa yang anda sukai.

2. Memahami bahwa keberhasilan karir berarti unggul dalam melakukan apa yang anda sukai.

3. Berinvestasilah dalam meningkatkan keahlian anda.

4. Gaji yang lebih tinggi akan membeli kenyamanan untuk sementara, namun bukan kebahagiaan yang berkepanjangan.

5. Bersosialisasi dan ramahlah dengan atasan anda, namun jangan mencoba untuk menjadi teman terbaiknya.

6. Buatlah setidaknya satu teman baik di tempat kerja yang dapat anda percayai.

7. Ikuti langkah dari mentor anda dimana anda dapat belajar darinya.

8. Jadilah ahli di bidang anda. Jangan pernah berhenti menyempurnakan keahlian anda.

9. Selalu menerima tantangan, terutama jika atasan anda mengawasi.

10. Jika anda merasa sangat menyedihkan, jangan takut untuk membuat perubahan drastis dalam karir anda. Pastikan anda berencana untuk itu.

11. Ketika berhadapan dengan kolega anda … Bersabarlah. Bersikaplah toleran.

12. Ketika berhadapan dengan atasan anda … Hormatilah. Bantulah dia pada setiap kesempatan yang anda dapatkan.

13. Anda akan membuat kesalahan. Belajarlah melalui setiap kesalahan anda dan jangan pernah membiarkan rasa takut menahan anda.

14. Jangan berdalih untuk mengambil langkah pertama dalam tugas apapun. Langkah pertama memang selalu yang paling sulit, namun sekali anda ambil, akan menciptakan momentum yang diperlukan agar anda lebih mudah dalam menyelesaikan langkah-langkah yang tersisa.

15. Buatlah pilihan karir anda sendiri. Tidak ada alasan yang baik membiarkan orang lain melakukannya untuk anda.

16. Bekerjalah pada perusahaan yang memberikan anda peluang pengembangan karir yang cerah.

17. Perusahaan dapat memiliki budaya yang sangat berbeda dengan perusahaan lainnya. Bukalah pikiran anda dan belajarlah untuk menerima budaya perusahaan tempat anda bernaung. Jika anda merasa tidak cocok, anda sebaiknya carilah perusahaan baru.

18. Jika anda siap untuk menerima tanggung jawab lebih, beritahu atasan anda bahwa anda siap. Juga, mintalah selalu umpan balik atas kinerja anda selama ini.

19. Jangan berjuang untuk menciptakan sesuatu hal yang baru kecuali diharuskan. Kebanyakan dengan beberapa sentuhan kecil dari anda terhadap ide sukses yang telah dijalankan oleh perusahaan adalah cara terbaik untuk ditempuh.

20. Pertahankan sikap positif bahkan di saat-saat stres. Ini akan membuat anda tampil percaya diri dan terkendali. Rekan anda dan atasan akan melihat hal ini.

21. Hindari terlibat dalam gosip di kantor. (Baca juga Bagaimana Membebaskan Diri Anda dari Gosip)

22. Keluar dan berjalan-jalanlah pada saat istirahat siang. Juga, cobalah untuk berolahraga ringan sebelum atau setelah bekerja. Berolahraga memperkuat tubuh dan pikiran anda.

23. Kita semua dilahirkan dengan kelebihan dan bakat tertentu. Manfaatkan itu semua untuk mencapai tujuan karir anda.

24. Belajar untuk berkomunikasi secara efektif dengan rekan anda dan selalu jujur dan jelas. “Ya, saya bisa melakukannya.” Atau “Tidak, saya harus menyelesaikan tugas yang lain terlebih dahulu karena …”

25. Selalu menyadari apa yang dilakukan orang di sekitar anda. Ungkapkan rasa terima kasih jika mereka membantu anda dan sebaliknya bantulah mereka ketika anda bisa. Atasan anda akan melihat anda sebagai pemain dalam tim.

26. Selalu tersentum pada setiap pekerjaan yang anda lakukan.

27. Ambil keuntungan penuh dari program pensiun mulai hari pertama.

28. Prioritaskan tujuan anda setiap minggu dan masukkan mereka ke dalam kalender atau agenda. Cobalah untuk membagi tugas anda menjadi dua kategori: “Harus dilakukan minggu ini” dan “Akan dilakukan ketika saya bisa”.

29. Gaji super tinggi bukanlah kunci untuk keberhasilan karir, tapi anda masih harus merasakan kenyamanan dengan pekerjaan anda.

30. Sisihkan 5%-10% dari setiap gaji bulanan langsung ke rekening tabungan anda.

31. Cukup tidur. Anda kemungkinan besar akan menyerah pada kemampuan anda dalam menyelesaikan pekerjaan jika anda lelah.

32. Mulailah pada tugas yang paling sulit di setiap Senin pagi. Setelah selesai, sisa minggu anda akan tampak seperti angin.

33. Jangan pernah menyerah pada tugas. Sebaliknya, belajar untuk menyesuaikan pendekatan yang anda lakukan bila diperlukan. Tidak apa-apa untuk mengambil istirahat jika anda terlalu frustrasi.

34. Bila anda sedang dikejar batas waktu (deadline), cabutlah kabel internet anda dan tetap offline. Ini akan membantu anda menghindari gangguan-gangguan seperti browsing tanpa tujuan, pesan singkat, dan membaca email-email.

35. Hanya menghadiri pertemuan jika rencana-rencan anda berada sesuai jadwal yang ditetapkan. Jika anda mundur dari jadwal, mintalah dengan hormat kepada atasan anda apakah anda bisa melewati pekerjaan tersebut. Pastikan pekerjaan anda terlihat.

36. Buat koneksi dengan orang lain di industri anda. Hadiri konferensi. Jaga hubungan dengan orang-orang tersebut via social media. Jaringan profesional akan membuka pintu untuk kesempatan karir masa depan.

37. Setiap kali anda memulai sebuah proyek baru di tempat kerja, hal pertama yang harus anda lakukan adalah membaca setiap lembar dari materi proyek untuk menemukan dimana saja anda akan bertanggung jawab.

38. Dengarkan musik sambil bekerja, jika hal itu memang membuat anda bergembira dan anda dapat mempertahankan produktivitas. Kebanyakan atasan tidak akan mengeluh tentang hal itu jika anda terus memberikan kualitas output yang baik.

39. Cobalah untuk menjaga waktu perjalanan anda minimum. Salah satu bagian yang paling membuat stres pada pekerjaan apapun adalah perjalanan. Jika memungkinkan, cari pekerjaan di dekat rumah atau pindah lebih dekat ke pekerjaan anda.

40. Tetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai untuk karir anda. Tanamkan selalu di pikiran anda untuk bekerja dengan tekun.

Sumber; akuinginsukses.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s